STP atau Spanning Tree Protocol

Apa itu STP??.

Simple nya menurut saya, STP adalah protocol jaringan yang digunakan untuk mencegah looping ketika ada configurasi redundance pada jaringan.

Sebelum kita bahas STP lebih lanjut…kita lihat gambar dibawah :

Kasus nya : PC1 akan kirim data ke PC4…awalnya hanya ada Switch S2 dan S1

Masalahanya gimana kalau link switch S2 dan S1 putus ???

So,ditambahkanlah switch 1 lagi (S3) supaya ada jalur lain…atau disebut Switching
Redudancy

nah…maksud hati ingin ada jalur redundan…kok malah jadi begini…(see pictures below)

defaultnya apabila switch ingin kirim data, sedangkan switch ga tau  lewat port mana (anggep lah switch nya baru nyala, MAC Table alias CAM table nya masi kosong), yang terjadi adalah packet data itu akan mem-broadcast.

(gambar diatas mencontohkan PC1 mo kirim data ke PC4 dengan topologi yang sudah redundan)

broadcast S1 yang di terima oleh S3 pun akan diterusin ke S2 juga

nah, di S2 (karena ga tau mo kirim lewat mana) mem-broadcast ke S3 dan S1

nasib nya si S3 dan S1 juga sama…

alhasil S3 broadcast ke S1 (ga ke S2 lagi…kan dia yang ngirim), S1 juga broadcast ke S3 dan PC4

nah, S1 dapat nyampein pesan ke PC4, tapi celakanya karena itu broadcast…S1 juga kirim broadcast yang di terima dari S3 ke S2

broadcast S1 yang di terima oleh S3 pun akan diterusin ke S2 juga

switch S2 yang dapet 2 broadcast (dari S1 dan S3) akan reply broadcast lagi (broadcast S1 diterusin ke S3, dan sebaliknya, S3 diterusin ke S1)

terussss aja seperti itu……………….

nah, pas PC4 mo reply ke PC1…itu network udah looping dan in the matter of time…DOWN

time…DOWN

disinilah STP bekerja, STP itu dibuat untuk mengatasi Switching Loop

caranya ?? mem-blok salah satu port switch S1/S2/S3 diatas itu

nah…klo itu “jalur utama” mati (misal jalur S2 dan S1), si STP inilah yang akan membuka port yang di blok secara otomatis

klo linear topologi desainnya, ga perlu STP…yang perlu adalah klo uda membentuk “lingkaran” (bisa kotak, ato segitiga…ya sama aja lah)

wokeh…cukup sekian analoginya…(to be continue)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s