IBM System Storage

Smarter Storage Systems Dirancang untuk Membantu Perusahaan Mengelola Big Data, Mengambil Keputusan yang Lebih Baik dan Beroperasi Secara Lebih Efisien

Sebagai bagian dari inisiatif utamanya menggalakkan pengimplementasian Smarter Computing, IBM Indonesia hari ini mengumumkan teknologi-teknologi penyimpanan baru dan yang telah diperbaharui untuk membantu pelanggan meraih wawasan yang dapat ditindak-lanjuti, meningkatkan kapasitas TI, dan menghantarkan layanan baru secara lebih cepat untuk menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan.

Karena kebutuhan dunia akan data dan layanan semakin menekan penggunaan sumber daya TI, perusahaan terperangkap dalam siklus yang memusingkan, dimana infrastruktur TI yang kaku dan kurangnya data terpercaya mengakibatkan pengambilan keputusan yang beresiko atau reaktif. Upaya-upaya untuk mengatasi tantangan ini dengan menanamkan investasi TI yang lebih besar sering kali malah mengakibatkan infrastruktur yang lebih rumit dan mahal. Smarter Computing diperkenalkan untuk membantu mengatasi tantangan ini, dan dengannya, perusahaan akan dapat membangun TI yang efisien dan inovatif untuk meningkatkan nilai ekonomis. Smarter Computing dapat diwujudkan melalui infrastruktur TI yang Dirancang untuk Data, dimana data diolah untuk memberikan wawasan yang lebih baik (melalui analitik) — dari informasi yang tersedia menjadi inteligensia untuk keunggulan strategis;Disesuaikan dengan Pekerjaan, yaitu sebuah sistem TI terintegrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan beban kerja arsitektur sistem tertentu untuk memberikan hasil terbaik yang akan meningkatkan performa, efisiensi dan fleksibilitas beban kerja; serta Dikelola melalui fasilitas Komputasi Awan, yang memudahkan akses ke informasi secara hemat biaya melalui komputasi awan, sehingga dapat merancang ulang bisnis dan menggalakkan transformasi bisnis.

Penawaran baru ini, yang digaris-bawahi di bawah ini, mengatasi berbagai tantangan tersebut di atas dengan teknologi smarter computing untuk analitik bisnis, penyimpanan terintegrasi, sistem yang dioptimalkan dan pusat data tervirtualisasi.

Era Komputasi Awan, Big Data dan Efisiensi Penyimpanan
Menurut laporan terkini dari sebuah perusahaan analis terkemuka, akan terjadi pertumbuhan besar dalam bisnis penyimpanan pada tahun 2011. Pertumbuhan ini didorong oleh berbagai faktor penting, seperti komputasi awan, efisiensi penyimpanan dan era ‘Big Data’, dimana perusahaan harus mengatasi volume informasi yang semakin besar, baik yang terstruktur maupun tidak.

Di banyak perusahaan, tantangan terbesar para manajer TI dan CIO adalah ledakan ‘Big Data’. Dengan luapan data yang tidak ada habisnya, perusahaan sadar bahwa mereka – mau tidak mau – harus mengatasi tantangan Big Data ini, mengintegrasikan dan manganalisa data guna mewujudkan keunggulan kompetitif, dengan cara-cara baru dalam melayani pelanggan, membantu mereka mengambil keputusan yang lebih baik, dan mengintegrasikan inteligensia bisnis baru ini dengan informasi yang ada. Agar dapat mengelola lautan data ini secara baik, perusahaan harus mengembangkan dan mengimplementasikan sebuah infrastruktur penyimpanan yang efisien, di samping memastikan perlindungan dan pengelolaan data yang optimal. Yang paling dibutuhkan perusahaan-perusahaan adalah keseimbangan yang baik antara tindakan keamanan terkini dengan pengelolaan data yang efisien dan analisa data yang benar.

IBM menghantarkan sistem analitik bisnis entry-level yang baru, analitik basis data yang telah dipercepat dan opsi penyimpanan data yang telah diperluas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan yang ingin mendapatkan wawasan berharga dari data yang mereka miliki. IBM juga telah memperkenalkan tiga penawaran baru untuk memenuhi semua kebutuhan ini.

Sistem disk kelas menengah IBM Storwize V7000 Unified menjanjikan penyimpanan data efisien dan tidak rumit dengan penyimpanan file dan block di sistem yang sama, dan graphical user interface yang berkelas dunia. Karena dapat membantu perusahaan-perusahaan menengah melaksanakan virtualisasi, konsolidasi dan tiering, solusi ini dapat meningkatkan ketersediaan aplikasi dan penggunaan sumber daya, serta menawarkan kemampuan pengelolaan yang mudah digunakan, efisien dan hemat biaya untuk sumber daya penyimpanan yang baru maupun yang lama di infrastruktur TI anda.

IBM Storwize V7000 Unified menggabungkan server-server IBM® yang menjalankan piranti lunak Network Attached Storage canggih, dan Storwize V7000 Controllers dengan kemampuan penyimpanan block canggih, sehingga menyediakan dukungan thin provisioningautomated tieringstorage virtualization,clusteringreplication, dukungan multi-protocol, dan graphical user interface generasi mendatang.

Storwize V7000 Unified System juga memiliki kemampuan lokal IBM Active Cloud Engine yang dirancang untuk menyediakan pengelolaan file berbasis kebijakan untuk mengurangi biaya dengan menggunakan tiered storage, dan meningkatkan kepengaturan data. Sebagai contoh, kebijakan Active Cloud Engine dapat digunakaan untuk memindahkan data yang jarang digunakan ke tiered storage, termasuk tape di sistem IBM Tivoli® Storage Manager. Kebijakan Active Cloud Engine juga dapat digunakan untuk secara otomatis menghapus data yang tidak perlu atau yang sudah usang.

Manfaat lain dari solusi ini adalah fitur keamanannya. IBM Storwize V7000 Unified yang diintegrasikan dengan Antivirus McAfee dan Symantec dirancang agar perusahaan dapat mengisolasikan atau menghapus file, dan memanfaatkan aplikasi antivirus ISV yang umum, sehingga perlindungan data dapat lebih ditingkatkan lagi.

Pengumuman lainnya terkait dengan jajaran IBM XIV yang kesohor. Sistem disk kelas enterprise IBM XIV Storage System Gen3 diperkenalkan dengan perangkat keras canggih yang telah diperbaharui sehingga dapat meningkatkan performa beban kerja aplikasi yang paling merepotkan, seperti virtualisasi, analitik dan komputasi awan. Solusi penyimpanan disk kelas atas yang multi-fungsi ini juga dilengkapi arsitektur grid baru yang sederhana, hemat biaya serta menjanjikan performa dan skalabilitas tingkat tinggi.

Kini, IBM menambah dukungan untuk disk drive 3TB yang dapat meningkatkan kapasitas hingga 50 persen dengan ruang fisik yang sama dan dapat meningkatkan kapasitas terpakai hingga 243TB per rak (berdasarkan pengukuran internail IBM). Penawaran IBM XIV ini juga memungkinkan automated data placement yang tidak perlu disesuaikan lagi ketika beban kerja aplikasi berubah. Fitur-fitur virtualisasi yang bersifat inheren dan thin provisioning canggih juga membantu meningkatkan penggunaan sistem dengan performa optimal.

XIV Gen3 dapat mengoptimalkan performa penyimpanan berbagai aplikasi, termasuk basis data, email, pemrosesan transaksi online dan aplikasi ERP, sehingga dapat meningkatkan performa perusahaan dan produktifitas karyawan.

IBM juga menawarkan berbagai inovasi lainnya dalam jajaran IBM XIV, seperti IBM XIV Mobile Dashboard, sebuah aplikasi Apple iPad yang tersedia gratis. Inovasi ini memungkinkan pengguna untuk memonitor status sistem XIV dari mana saja. Secara terpisah, IBM juga mengumumkan hasil Storage Performance Council (SPC) atas IBM XIV Storage System sebagai bagian dari pengumuman SPC tentang perluasan energi baru untuk SPC-2 (SPC-2/E) dan SPC-2C (SPC-2C/E). IBM XIV Storage System mencapai hasil SPC-2/E yang membuktikan kemampuannya menangani Big Data dan menyediakan data penggunaan energi terkait. Hasil SPC-2/E ini juga membuktikan bahwa IBM XIV Storage System dapat memberikan rasio harga-performa yang sangat baik, dan performa Large File Processing (LFP) yang lebih cepat daripada solusi-solusi vendor lain yang diikutkan dalam SPC-2.(1)

Sistem disk kelas enterprise IBM System Storage DS8000 Release 6.2 adalah penawaran lain yang dapat meningkatkan performa dan optimalisasi kapasitas, sehingga perusahaan dapat mengelola berbagai beban kerja secara efisien dan otomatis tanpa melibatkan administrator sistem. Pencanggihan Easy Tier meliputi migrasi data otomatis pada penyimpanan three-tier, selain automated data rebalancing dengan single tier, yang dapat membantu pelanggan meningkatkan performa dimanapun dan kapanpun diperlukan. Di samping itu, karena hanya memerlukan dua parameter yang harus diatur, Easy Tier mudah diinstal dan dikelola.

“IBM terus memimpin dalam menghantarkan penawaran penyimpanan yang inovatif dan mempertegas strategi kami untuk menyediakan portofolio penyimpanan yang komprehensif, mulai dari piranti lunak dan layanan hingga solusi-solusi penyimpanan disk dan tape. Penawaran-penawaran yang diumumkan hari ini memperkokoh posisi kepemimpinan IBM di bidang penyimpanan untuk mengelola Big Data, terutama di segmen pasar menengah, serta efisiensi penyimpanan yang Disesuaikan dengan Pekerjaan dan Mengelola penyimpanan di awan. Karena semua penawaran ini ada di bawah payung Smarter Computing, maka memungkinkan solusi-solusi penyimpanan generasi berikutnya yang hemat biaya dan handal, sehingga membantu pelanggan meningkatkan produktifitas dan mengoptimalkan penyimpanan secara keseluruhan,” jelas Fetra Syahbana, Country Manager IBM Systems and Technology Group, IBM Indonesia.

Sebagai bagian dari roadshow IBM Storage Systems di enam negara ASEAN, IBM Indonesia akan menawarkan kesepakatan khusus untuk Mitra Bisnis dan Distributor Tier One dengan harga paket khusus untuk Storwize v7000 Unified. Ini merupakan penawaran yang menguntungkan bagi pelanggan Indonesia karena mereka akan mendapatkan Unified Storage yang dapat membantu mereka mengelola data blok dan file dengan lisensi virtualisasi gratis untuk mengelola penyimpanan yang sudah mereka miliki saat ini. Hal ini akan secara signifikan mengurangi biaya kepemilikan total. Selain itu, IBM juga mengumumkan penggantian produk dan potongan harga khusus untuk boks penyimpanan IBM XIV Gen3 yang baru. Sangat tepat bagi pelanggan yang ingin memperbaharui atau meng-upgrade lingkungan penyimpanan mereka. Kesepakatan baru ini akan berlaku segera di semua negara ASEAN.

(1) 8259.94 MBPS SPC-2 (LFP) Data Rate, $137.07 SPC-2 (LFP) Price-Performance

Sumber: Storage Performance Council SPC-2 Benchmark Results, 19 Agustus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s